TSWlTfO8TSA5GfA9GfO5TfGoGd==

Muhammad Ishak alias Abu Laot Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik

abu laot ditangkap polda aceh


Banda Aceh - TikToker Muhammad Ishak alias Abu Laot ditangkap polisi terkait dugaan pencemaran nama baik. Abu Laot dilaporkan ke Polda Aceh oleh bakal calon anggota DPD Sayed Muhammad Mulyadi.

"Yang bersangkutan ditangkap tadi malam," kata Dirkrimsus Polda Aceh Kombes Winardy saat dimintai konfirmasi detikSumut, Sabtu (7/10/2023).

Penangkapan Abu Laot dilakukan personel Ditreskrimsus Polda Aceh di Cianjur, Jawa Barat. Polisi akan membawa Abu Laot ke Banda Aceh untuk menjalani pemeriksaan.

"Sekarang masih dalam perjalanan menuju Banda Aceh," ujarnya.

Polisi akan merilis kasus ini setelah Abu Laot tiba di Polda Aceh.

Sebelumnya, Bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Aceh Sayed Muhammad Muliady melaporkan TikToker Muhammad Ishak alias Abu Laot ke Polda Aceh. Abu Laot dilaporkan karena diduga menuduh Sayed menerima uang dari bandar sabu dan menyediakan tempat prostitusi di Banda Aceh.

Pria akrab disapa Bang Sayed itu menyebutkan, Abu Laot telah mencemarkan nama baik dirinya, keluarga serta habaib lewat video yang diunggah di TikTok. Video itu dibuat setelah Sayed membongkar sindikat penjualan obat tramadol di Jakarta yang melibatkan warga Aceh.

"Sebenarnya saya tidak ingin melaporkan Abu Laot. Tapi dia sudah melakukan pencemaran nama baik, menyebar informasi bohong, fitnah, dan keji melalui media TikTok," kata Bang Sayed dalam keterangannya, Kamis (7/9/2023).

Menurutnya, ada dua video yang dibuat Abu Laot dengan tujuan menyerang dirinya dan keluarga. Pria yang berprofesi sebagai advokat itu awalnya mengaku tidak menggubris konten-konten yang dibuat Abu Laot.

"Ketika dia (Abu Laot) menghina orang tua saya, almarhum ayah saya, bagi saya itu tidak termaafkan. Bagi saya hal ini tidak bisa dibiarkan, karena ini menyangkut kehormatan keluarga," jelas mantan anggota DPR RI itu.

Dia menjelaskan, pelaporan tersebut dilakukan tidak hanya karena adanya kasus pencemaran nama baik, tapi juga bertujuan memberikan pelajaran kepada warga lain agar bijak menggunakan media sosial.

"Saya merasa terganggu kehormatan saya karena video itu menyebar. Jika ini tidak dibawa ke jalur hukum maka mayarakat merasa apa yang disampaikan oleh Abu Laot adalah benar," jelasnya.

"Yang terpenting dari kasus ini adalah saya ingin memberi pendidikan kepada anak-anak muda Aceh dan siapapun pengguna medsos agar bijak menggunakan medsos. Medsos ini tidak bisa digunakan seberangan karena ada konsekuensi yang harus diterima," lanjut mantan Sekjen KNPI itu.


Sumber: Detikcom

Comments0

Type above and press Enter to search.